Resep Gulai Nangka Sederhana Yang Mudah Dibuat

Resep Gulai Nangka ala Padang Enak dan Sederhana
Resep Gulai Nangka ala Padang Enak dan Sederhana from www.masak.co.id

Gulai nangka adalah salah satu makanan khas Indonesia yang sangat digemari oleh banyak orang. Rasa yang asin-manis, ditambah aroma rempah-rempah yang khas membuat gulai nangka menjadi salah satu makanan favorit. Meski banyak orang yang menyukai gulai nangka, tidak semua orang mengetahui cara membuatnya. Berikut ini adalah resep gulai nangka sederhana yang mudah dibuat.

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan untuk Membuat Gulai Nangka Sederhana

Untuk membuat gulai nangka sederhana, Anda perlu menyiapkan bahan-bahan berikut ini: 1 kg nangka, 1/2 liter santan, 1 ruas jahe yang dihaluskan, 1 ruas kencur yang dihaluskan, 1 ruas kunyit yang dihaluskan, 1 ruas lengkuas yang dihaluskan, 1 ruas laos yang dihaluskan, 1 lembar daun salam, 1 batang serai yang dihaluskan, 4 buah cabe merah, 1 sdt garam, 1/2 sdt gula pasir, dan 1/4 sdt merica bubuk.

Langkah-Langkah Membuat Gulai Nangka Sederhana

1. Cuci bersih nangka yang akan digunakan

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mencuci bersih nangka yang akan digunakan. Gunakan air bersih untuk mencuci nangka tersebut. Setelah dicuci bersih, potong-potong nangka menjadi beberapa bagian.

2. Rebus nangka yang telah dipotong

Setelah dipotong, rebus nangka tersebut hingga matang. Rebus nangka dengan api kecil hingga nangka menjadi lunak dan lembut. Jika sudah matang, angkat nangka dari rebusan dan sisihkan.

3. Goreng bumbu halus

Setelah itu, Anda perlu menggoreng bumbu halus yang telah disiapkan. Masukkan semua bumbu halus yang telah disiapkan ke dalam wajan dan goreng hingga harum. Jangan lupa untuk terus mengaduk agar bumbu tidak gosong.

4. Masukkan santan dan bumbu yang sudah digoreng

Setelah bumbu halus sudah digoreng, masukkan santan ke dalam wajan. Aduk rata santan dengan bumbu halus yang telah digoreng. Setelah itu, tambahkan nangka yang telah direbus dan lada bubuk. Aduk rata bumbu dan nangka tersebut.

5. Masukkan daun salam dan garam

Setelah itu, tambahkan daun salam dan garam ke dalam wajan. Aduk rata semuanya dan masak hingga bumbu matang dan mengeluarkan aroma yang harum. Setelah itu, angkat gulai nangka dari api dan sisihkan.

Cara Penyajian Gulai Nangka Sederhana

Gulai nangka sederhana ini bisa disajikan dengan berbagai macam lauk pauk. Anda bisa menyajikannya bersama nasi putih, atau bisa juga disajikan dengan lauk lain seperti ayam goreng, ikan goreng, tahu goreng, dan lain sebagainya. Gulai nangka juga bisa disajikan dengan lontong atau ketupat. Sebagai pelengkap, Anda juga bisa menyajikan sambal atau kerupuk sebagai pelengkap makan.

Resep Gulai Nangka Sederhana yang Mudah Dibuat

Demikianlah resep gulai nangka sederhana yang mudah dibuat. Dengan membuat gulai nangka sendiri, Anda bisa menikmati cita rasa gulai nangka yang lezat di rumah. Selamat mencoba!

Comments

Popular posts from this blog

Koleksi Nama Anak Islami S yang Menginspirasi dan Bermakna!

Nama Islami Anak Kembar Wanita yang Indah dan Bermakna!

Nama Bayi Perempuan Islam Eropa Timur yang Memikat Hati